Beranda » Ready Mix » Harga Beton Readymix Per Kubik (M3) Terbaru (FA & NFA)
click image to preview activate zoom

Harga Beton Readymix Per Kubik (M3) Terbaru (FA & NFA)

Stok Tersedia
Kategori Ready Mix

Selain readymix, Kami juga menyewakan pompa beton di jaboodetabek

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi

 

Baca : Harga Sewa Pompa Beton

 

Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Harga Beton Readymix Per Kubik (M3) Terbaru (FA & NFA)

Beton readymix adalah beton siap pakai yang diproduksi di pabrik pengolahan beton (batching plant) dan diantar ke lokasi konstruksi menggunakan truk mixer. Beton jenis ini sangat praktis karena langsung dapat digunakan begitu tiba di lokasi proyek.

Readymix paling banyak digunakan untuk konstruksi bangunan bertingkat, jembatan, jalan tol, pelabuhan, dermaga dan infrastruktur lain yang membutuhkan beton dalam jumlah besar.

Perbedaan Readymix dengan Beton Biasa

Perbedaan utama beton readymix dengan beton biasa adalah:

  • Beton readymix menjamin kualitas yang konsisten karena diproduksi di pabrik dengan standar yang ketat. Sementara beton biasa bergantung pada ketelitian dan keahlian tukang.
  • Readymix lebih praktis karena langsung siap pakai. Tidak perlu mencampur bahan-bahan seperti semen, pasir, kerikil, dan air di lokasi proyek.
  • Beton readymix memiliki kekuatan tekan dan daya tahan yang lebih baik karena pencampuran yang presisi di pabrik.

Proses Pembuatan Readymix

Dalam pembuatan readymix ini tidak bisa Anda samakan dengan beton cor pada umumnya yang sering digunakan dalam membuat sebuah bangunan dan dibuat oleh pekerja bangunan. Di mana dalam memberikan takaran biasanya tidaklah sama, bahkan tidak memiliki ukuran khusus dalam takaran tersebut.

Untuk membuat campuran readymix biasanya akan ditentukan oleh orang-orang yang sudah ahli di bidang ini. Dengan begitu, readymix yang dihasilkan pun bisa benar-benar memiliki kualitas yang baik. Di dalam pembuatan adonan beton yang memiliki mutu tinggi ini disebut dengan mix design, perancang, formulator, dan juga menjadi penentu dari kekuatan beton yang telah dibuat.

Sedangkan untuk kegunaannya sendiri, beton readymix ini bisa Anda lihat dari berbagai aspek kegunaan. Misalnya saja beton non struktural, beton struktural, serta beton pratekan atau prategang.

Komponen Utama Beton Readymix

Beton readymix tersusun dari beberapa komponen utama, diantaranya:

Semen

Merupakan bahan pengikat dalam campuran beton. Semen yang biasa digunakan adalah semen portland. Semen inilah yang membuat campuran beton mengeras.

Pasir

Berfungsi sebagai bahan pengisi dalam campuran beton. Ukuran butiran pasir umumnya 0,15 sampai 4,75 mm. Pasir yang bagus untuk campuran beton sebaiknya tajam dan bersih.

Kerikil

Berfungsi juga sebagai bahan pengisi dalam beton selain pasir. Ukuran kerikil umumnya 5 sampai 40 mm. Kerikil yang bagus untuk campuran beton adalah yang bersih dan tidak berpori.

Air

Berfungsi membuat adonan beton menjadi cair sehingga mudah dicetak dan diaduk. Air yang digunakan sebaiknya bersih dan tidak mengandung minyak, asam, dan bahan kimia.

Bahan Tambahan

Selain komponen utama di atas, dalam campuran beton readymix juga biasanya ditambahkan bahan tambahan atau additive untuk meningkatkan sifat-sifat tertentu dari beton. Misalnya plasticizer untuk meningkatkan kelecakan beton, accelerating agent untuk mempercepat proses pengerasan, dll.

Kelebihan Beton Readymix

Beton readymix memiliki beberapa kelebihan dibandingkan beton konvensional, antara lain:

Kualitas Terjaga

Beton readymix diproduksi di pabrik dengan mengikuti standar yang ketat sehingga kualitasnya terjaga. Komposisi campuran sudah dibuat oleh para ahli sesuai standar nasional maupun internasional. Selain itu, proses produksi menggunakan mesin modern sehingga campuran beton sangat akurat dan konsisten. Hal ini berbeda dengan beton konvensional yang proses pencampurannya dilakukan secara manual di lokasi proyek sehingga rawan kesalahan takaran.

Pengerjaan Lebih Cepat

Dengan menggunakan beton readymix, pengecoran dapat dilakukan langsung begitu truk mixer tiba di lokasi proyek. Tidak perlu mengadon beton sendiri yang tentunya memakan waktu dan tenaga kerja. Proyek konstruksi jadi bisa selesai lebih cepat.

Tidak Perlu Adonan Sendiri

Pihak kontraktor tidak perlu memiliki fasilitas pengadonan beton sendiri. Cukup pesan beton readymix sesuai kebutuhan, lalu pihak produsen yang akan mengirimkannya ke lokasi proyek. Sangat menghemat biaya operasional dan peralatan. Kontraktor bisa fokus pada pelaksanaan proyeknya.

Mutu Pada Beton Ready Mix

Jika Anda sudah mengetahui klasifikasi beton berdasarkan mutunya, kini Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja kegunaan dari masing-masing kelas dan mutu readymix.

1. Klas A (K500)

Untuk klas A ini biasanya digunakan untuk precast atau pun prestressed.

2. Klas P (K450)

Untuk klas P ini biasanya digunakan untuk rigit, jalan klas 1 atau pun untuk jalan negara dan jalan tol.

3. Klas B (K350)

Untuk klas B ini biasanya digunakan untuk pembuatan lantai, yakni berupa lantai dasar di bangunan pabrik.

4. Klas K300

Untuk klas B ini biasanya untuk pembuatan konstruksi bangunan toko atau pun rumah yang bertingkat 3 hingga 5 lantai.

5. Klas K250

Untuk klas K250 ini biasanya untuk bangunan yang bertingkat dua lantai, ruko atau rumah tinggal, atau pun standar.

6. Klas K225

Untuk klas K250 ini biasanya untuk pembuatan konstruksi bangunan yang bertingkat dua lantai, ruko maupun rumah tinggal.

7. Klas 225

Untuk klas 225 ini biasanya untuk konstruksi bangunan yang bertingkat dua lantai, ruko maupun rumah tinggal.

8. Klas D (K175)

Untuk klas D (K175) ini biasanya untuk konstruksi bangunan ringan.

9. Klas E (K125)

Untuk klas E (K125) ini biasanya untuk konstruksi LC atau pun lantai dasar.

10. Klas BO

Untuk klas BO ini biasanya untuk konstruksi LC atau pun lantai dasar.

Baca : Harga Ready Mix di Karawang

Klasifikasi Beton Berdasar Karakteristiknya

Sebelumnya telah diketahui bahwa kegunaan beton berdasarkan pada karakteristiknya terbagi menjadi tiga bagian yang berupa beton non struktural, beton struktural, dan beton prategang. Untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Beton Non Struktural

Beton non struktural merupakan suatu pengecoran beton yang di dalamnya tidak mengandung unsur-unsur struktural secara langsung seperti halnya besi. Di mana hal ini sebagai bahan dalam penulangan cor beton. Untuk mutu beton non struktural ini atau disebut juga sebagai beton kelas I ini diantaranya adalah K-Bo (Nol) K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200.

2. Beton Struktural

Beton struktural merupakan jenis beton yang di dalamnya terdapat unsur penulangan besi di dalam adonan cornya. Di dalam beton struktural sendiri juga terdapat suatu kegiatan pembesian dan pengecoran beton.

Di sisi lain, untuk pekerjaan lain yang memiliki hubungan dengan pekerjaan beton adalah penyusunan struktur baja, bekisting beton, finishing beton, pondasi beton, pasangan bata, dan yang lainnya. Lalu untuk mutu beton jenis ini atau disebut juga dengan beton kelas II memiliki beberapa kelas yang diantaranya berupa K-225, K-250, K-275, dan K-300.

Bagi Anda yang hendak menggunakan beton struktural, maka Anda bisa mengetahui harga readymix jakarta selatan melalui beberapa cara. Bisa melalui internet atau menanyakan langsung pada toko bangunan yang sudah Anda percaya.

3. Beton Prategang

Beton prategang merupakan kombinasi antara beton serta baja. Di mana beton sendiri memiliki kekuatan tekan yang cukup tinggi, namun untuk kekuatan tariknya tergolong rendah. Sedangkan baja mempunyai kekuatan tarik yang sangat tinggi.

Dengan menyatukan kekuatan antara beton dan baja, maka hasilnya pun adalah struktur yang sangat kuat pada beban tekan dan beban tarik. Biasanya mutu beton pratekan ini disebut juga sebagai kelas III dengan beberapa karakteristik yang berupa K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500.

Standar Mutu Beton Readymix

Beton readymix yang baik harus memenuhi standar mutu tertentu agar dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Beberapa standar mutu beton readymix meliputi:

Kuat Tekan

Kuat tekan merupakan kemampuan beton dalam menahan beban persatuan luas. Semakin tinggi kuat tekannya, semakin baik mutu beton. Untuk keperluan konstruksi gedung, kuat tekan minimum yang disyaratkan adalah 25 MPa. Namun biasanya digunakan beton dengan kuat tekan 30-40 MPa agar lebih aman.

Slump Test

Slump test dilakukan untuk mengukur kelecakan campuran beton segar. Hasil slump menentukan apakah beton mudah dibentuk dan dipadatkan. Untuk pekerjaan struktur, slump yang disyaratkan adalah 80-100 mm. Sedangkan untuk non struktur cukup 60-80 mm.

Waktu Pengikatan

Adalah waktu yang diperlukan beton readymix untuk mengeras dan tidak bisa dibentuk lagi. Waktu ikat awal beton sebaiknya > 90 menit agar cukup waktu untuk pengecoran. Sedangkan waktu ikat akhir maksimal 5 jam agar tidak terjadi cold joint.

Faktor yang Mempengaruhi Harga

Harga beton readymix biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, di antaranya:

Lokasi

Lokasi proyek atau pengiriman beton readymix merupakan faktor penting yang menentukan harga akhir. Semakin jauh lokasi pengiriman dari pabrik pembuat beton, maka biaya angkut semakin besar. Dengan demikian, harga beton di daerah terpencil atau pelosok biasanya lebih mahal daripada di perkotaan yang dekat dengan pabrik pembuat beton.

Jumlah Pesanan

Harga beton readymix juga dipengaruhi oleh jumlah volume yang dipesan. Semakin banyak jumlah pesanan beton dalam satu kali pemesanan, maka harga per kubiknya cenderung lebih murah. Hal ini karena skala ekonomi yang didapat produsen dengan jumlah pemesanan besar.

Jarak Angkut

Faktor penting lainnya adalah jarak angkut beton readymix dari pabrik ke lokasi proyek. Semakin dekat lokasi proyek dengan pabrik pembuat beton, maka biaya transportasi yang dibutuhkan lebih sedikit. Dengan demikian, harga beton bisa lebih murah untuk lokasi yang berdekatan dengan pabrik beton.

Harga Beton Readymix Per Kubik (M3) Terbaru (FA & NFA)

Setiap jenis beton readymix memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut adalah kisarannya yang bisa menjadikan bahan pertimbangan untuk Anda.

Mutu Ready MixHarga FAHarga NFA
K150Rp  730.000 /m3Rp 750.000 /m3
K 175Rp  750.000 /m3Rp 770.000 /m3
K200Rp  775.000 /m3Rp 795.000 /m3
K225Rp  800.000 /m3Rp 820.000 /m3
K250Rp  825.000 /m3Rp 845.000 /m3
K275Rp  850.000 /m3Rp 870.000 /m3
K300Rp  875.000 /m3Rp 895.000 /m3
K325Rp  900.000 /m3Rp 920.000 /m3
K350Rp  925.000 /m3Rp 945.000 /m3
K375Rp  950.000 /m3Rp 970.000 /m3
K400Rp  975.000 /m3Rp 995.000 /m3
K425Rp  1.000.000 /m3Rp 1.020.000 /m3
K450Rp  1.025.000 /m3Rp 1.045.000 /m3
K500Rp  1.075.000 /m3Rp 1.095.000 /m3

Hubungi Telp./Wa   0813-9516-4235 untuk pemesanan beton ready mix per m3 dan informasi lebih lanjut mengenai pengecoran di wilayah Anda.

Ketentuan Harga dan Cara Pemesanan

  • Harga dapat di negosiasi sesuai volume beton cor
  • Penawaran bersifat fleksibel dan bisa berubah karena faktor tertentu
  • Pastikan transaksi Anda hanya melalui CV. Indosarana Gemilang
  • Konfirmasikan pemesanan melalui whatsapp atau telpon
  • Surfey lokasi terlebih dahulu sangat disarankan
  • Pastikan keamanan jalan untuk dilalui truck mixer
  • Koordinasikan dengan masyarakat maupun aparatur setempat

Cara Menghitung Kebutuhan Ready Mix

Dalam menghitung kebutuhan beton readymix, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah volume pekerjaan, faktor tambahan, dan pembulatan.

Volume Pekerjaan

Untuk volume pekerjaan harus dihitung dengan teliti berdasarkan gambar rencana dan ukuran-ukuran yang telah ditentukan dan dihitung dalam satuan meter kubik. Pastikan menghitung volume bersih tanpa memperhitungkan kelebihan untuk pemasangan bekisting.

Faktor Tambahan

Setelah mendapatkan volume pekerjaan, umumnya ditambahkan faktor tambahan sebesar 5-10% untuk mengantisipasi kebocoran, kelebihan pengecoran, dan variasi lain. Faktor ini bergantung pada jenis pekerjaan dan tingkat kesulitan pelaksanaan di lapangan.

Pembulatan

Hasil perhitungan volume kebutuhan beton kemudian dibulatkan ke atas dalam satuan kubik. Misal jika hasilnya 17,3 m3, maka dibulatkan menjadi 18 m3. Pembulatan ini dilakukan karena beton readymix hanya disediakan dalam satuan utuh kubik.

Dengan memperhatikan volume pekerjaan, faktor tambahan, dan pembulatan, kita dapat memperkirakan jumlah beton readymix yang dibutuhkan dengan lebih akurat.

Tips Hemat Biaya

Saat membeli beton readymix, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya, diantaranya:

Bandingkan Penawaran

Bandingkan harga dan kualitas dari beberapa supplier beton ready mix terdekat. Pastikan untuk membandingkan total biaya termasuk biaya angkut. Pilih supplier yang memiliki harga paling kompetitif dengan kualitas terbaik.

Pesan dalam Jumlah Banyak

Pesan beton dalam jumlah yang banyak sekaligus, bukan sedikit-sedikit. Biasanya supplier akan memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak. Pastikan perhitungan kebutuhan beton sudah akurat agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan stok.

Off Peak Delivery

Jadwalkan pengiriman pada jam-jam sepi seperti pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan biaya angkut yang lebih murah. Hindari jam-jam sibuk di mana biaya angkut cenderung lebih mahal.

Dengan menerapkan tips di atas, biaya pembelian beton readymix bisa lebih terjangkau tanpa harus mengorbankan kualitas. Pastikan juga untuk bernegosiasi dengan supplier untuk mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang readymix. Dengan begitu, sebelum Anda membeli dan menggunakannya untuk bangunan Anda, maka pertimbangkan terlebih dahulu mutu mana yang cocok.

Tags: ,

Harga Beton Readymix Per Kubik (M3) Terbaru (FA & NFA)

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 2.605 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Produk Terkait
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Rahmat
● online
Idris
● online
Rahmat
● online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja